20 Inspirasi Model Atap Rumah untuk Hunian Impian Anda!

Atap rumah merupakan elemen penting dari bangunan rumah. Tidak hanya berfungsi melindungi rumah dari cuaca panas atau dingin, atap rumah juga dapat mempercantik tampilan rumah.

Atap rumah perlu diperhatikan bentuk dan bahan materialnya karena akan mempengaruhi tampilan luar rumah, jika tidak di desain dengan baik atau sesuai dengan desain dari rumahnya, maka tampilan rumah akan terlihat tidak proporsional dan mengurangi nilai keindahan dari rumah itu sendiri.


Atap Rumah


Berikut merupakan 20 model atap rumah yang dapat anda jadikan sebagai salah satu inspirasi untuk hunian impian anda!

1. Atap Rumah dengan Model Genteng

Image Source: calonarsitek.com

Atap rumah model ini banyak digunakan di Indonesia bahkan sampai sekarang. Genteng memiliki berbagai macam jenis, namun yang terkenal adalah genteng jenis karang pilang yang memiliki kelebihan harganya yang terjangkau.

Selain itu, genteng tanah liat juga cukup popular digunakan di Indonesia. Genteng tanah liat dapat meredam reduksi panas dari luar ruangan sehingga ruangan dalam bangunan tetap sejuk.

Kekurangannya adalah genteng tanah liat mudah retak dan bocor, tidak hanya itu, genteng yang tidak dirawat akan dengan mudah berlumut dan berjamur.

2. Atap Rumah dengan Bentuk yang Meruncing

Image Source: f1-dekorumah.com

Model atap rumah ini terlihat cukup mencolok dengan bentuknya yang meruncing. Dengan atapnya yang meninggikan langit-langit bagian dalam rumah, pertukaran udaha dalam rumah akan menjadi lebih serhat dan tidak lembap. Apakah anda tertarik dengan model atap rumah yang cukup mencolok ini?

3. Atap Rumah dengan Model Bentuk Datar

Image Source: kumpar.com

Anda yang rumahnya menggunakan desain minimalis dan suka model sederhana yang simpel, maka atap rumah datar dapat menjadi salah satu pilihan anda.

Atap datar banyak digunakan di rumah-rumah minimalis maupun bangunan bertingkat. Jika anda menggunakan atap rumah model ini anda juga perlu memperhitungkan sirkulasi udara di dalam ruangan agar tak panas saat menggunakan model atap rumah ini.

4. Atap Rumah dengan Model Pelana

Image Source: pinterest.com

Model atap rumah yang satu ini adalah yang paling cukup sering diterapkan di Indonesia karena bentuknya yang sederhana.

Atap rumah model ini juga fleksibel untuk bentuk rumah yang memanjang ke belakang atau ke samping. Kelebihan dari model atap rumah ini adalah material baja ringan yang cukup banyak digunakan sekarang ini. Tertarik dengan model atap rumah seperti ini?

5. Atap Rumah dengan Model Seng

Image Source: dekadeko.com

Dahulu, atap rumah model seng seringkali digunakan di rumah-rumah sederhana, namun pada dasarnya juga dapat digunakan di rumah-rumah modern. Kelebihan dari atap rumah model ini adalah dengan kemajuan teknologi bangunan sekarang ini, atap ini dapat dipasang dengan mudah pada rangka atap baja ringan.

Jika anda ingin menggunakan atap rumah model seng, anda perlu memperhatikan lingkungan, karena penggunaan atap ini justru tidak jarang membuat ruangan di bawahnya menjadi lebih panas.

Penggunaan atap rumah model ini cocok untuk rumah di area yang dingin, seperti di dataran tinggi.

6. Atap Rumah dengan Bentuk Model yang Sederhana

Image Source: rumputsintetis.id

Atap rumah model sederhana ini banyak dipilih dan digunakn oleh asrsitek-arsitek lalu mengkombinasikannya dengan atap pelana.

Model atap rumah ini umumnya digunakan untuk bangunan tambahan. Bentuk model dari atap rumah ini juga dapat bermanfaat untuk mengalirkan air hanya ke sisi samping rumah.

Tertarik dengan model atap rumah seperti ini?

7. Atap Rumah Galvalum dengan Model Pelana

Image Source: pinterest.com

Atap rumah model ini merupakan alternatif lain dari bahan bangunan untuk atap sekarang ini. Galvalum sering digunakan sebagai rangka atap ataupun sebagai bahan material penutup dari atap itu sendiri.

Bentuk dari atap ini mirip dengan seng, yaitu berwarna silver dan kelebihannya adalah mudah dibentuk sesuai dengan desain rumah, hasilnya akan terlihat rapi serta tidak mudah bocor.

Namun, kekuurangannya adalah akan mudah membuat suara bising ketika hujan turun.

8. Atap Rumah Galvalum dengan Model Bentuk seperti Perisai

Image Source: edgeestimating.com

Satu lagi atap rumah yang menggunakan galvalum, tidak hanya bentuk pelana, atap rumah ini juga cocok untuk atap rumah dengan bentuk seperti perisai.

Penggunaan atap rumah termasuk rangkanya dengan galvalum berbentuk perisai ini akat terlihat lebih rapi dan cukup cocok untuk digunakan di rumah-rumah perkotaan. Tertarik dengan model atap rumah seperti ini?

9. Atap Rumah Baja Ringan dengan Bentuk Perisai

Image Source: dekadeko.com

Atap rumah dengan rangka dari baja ringan dapat dikatakan cukup fleksibel. Tidak hanya bentuk pelana, rumah dengan atap berbentuk perisai juga dapat dibentuk dari rangka atap baja ringan ini.

Bentuk perisan termasuk yang cukup sering digunakan di Indonesia dan cocok untuk iklim tropis. Banyak rumah dengan ukuran besar lebih menggunakan bentuk perisai daripada pelana dan atap ini juga cocok digunakan untuk rumah mewah satu lantau ataupun dua lantai.

10. Atap Rumah dengan Gaya Modern

Image Source: pinterest.com

Dengan banyaknya rumah-rumah yang menggunakan desain sekarang ini, tidak hanya tampilan bangunannya saja, namun sampai bagian atap rumah juga di desain modern menyesuaikan dengan bangunannya.

Penggunaan atap modern ini harus benar-benar memperhatikan banyak hal selain tampilan, agar rumah yang menggunakan atap gaya modern ini tetap kokoh, awet dan beradaptasi dengan iklim tropis di Indonesia.

Tertarik dengan atap rumah dengan gaya modern seperti ini?

11. Atap Rumah dengan Model Berbentuk Seperti Kupu-Kupu

Image Source: insinyurbangunan.com

Atap rumah model ini memiliki bentuk yang berlawanan dengan model pelana, atap dengan bentuk kupu-kupu ini pada bagian sisinya tinggi dan mengerucut ke bawah di bagian tengahnya sehingga menyerupai bentuk sayap kupu-kupu.

Ketika Hujan air yang tertampung di tengah atap akan mengalir sesuai arah yang sudah di tentukan. Atap dengan model ini memiliki bentuk yang cukup unik dan cocok dikombinasikan dengan rumah yang menggunakan gaya desain modern atau minimalis modern.

12. Atap Rumah dengan Model Pelana Bersusun 2

Image Source: insinyurbangunan.com

Atap rumah model ini memiliki bentuk yang cukup sederhana. Penggunaan atap ini juga termasuk cepat proses pengerjaannya karena konstruksinya yang sederhana.

Yang membedakan dengan atap model pelana sebelumnya adalah atap ini menggunakan model bersusun dua yang juga dapat memberikan kesan modern pada rumah.

Kelebihan dari atap ini adalah kecilnya resiko kebocoran karena tidak ada pertemuan arah air yang berbeda. Tertarik dengan model atap rumah yang seperti ini?

13. Atap Rumah dengan Model Datar dan Setengah Miring

Image Source: pinterest.com

Atap rumah dengan model seperti ini banyak digunakan untuk rumah dengan gaya desain minimalis atau modern minimalis yang dalam bangunannya memiliki penggunaan dinding kaca.

Desain atap rumah seperti ini memang memerlukan banyak hal yang diperhatikan sebelum digunakan agar rumah tetap kokoh namun juga memiliki nilai tambah di keindahan desainnya.

14. Atap Rumah Model Datar pada Rumah Mewah Modern

Image Source: dekadeko.com

Sudah bukan hal yang aneh lagi jika banyak rumah-rumah mewah dengan gaya desain minimalis modern menggunakan atap datar pada bangunannya meskipun kurang cocok untuk diterapkan di Indonesia.

Iklim tropis di Indonesia dengan cuaca panas dan hujan yang terjadi sepanjang tahu membutuhkan atap yang dapat memudahkan aliran air dan juga membantu meredam panas dari luar.

Namun, meskipun begitu, penggunaan atap datar juga dapat dimodifikasi dan disesuaikan agar tetap dapat membantu aliran air hujan.

15. Atap Rumah dengan Model Bergaya Kontemporer

Image Source: insinyurbangunan.com

Pada dasarnya bangunan kontemporer merupakan bangunan yang didesain modern tapi juga mengikuti nilai-nilai dari bangunan tradisional atau adat. Atap rumah model kontemporer mengikuti nilai dari arsitektur modern, dapat berupa atap datar, atap miring di satu sisi atau kombinasi keduanya.

Karena rumah kontemporer bukan merupakan rumah klasik, jadi, tidak harus selalu ada unsur simetris pada tampilan rumah. Apakah anda tertarik dengan penggunaan atap rumah bergaya kontemporer seperti yang satu ini?

16. Atap Rumah dengan Model Seperti Tenda

Image Source: casatv.ca

Model atap rumah yang satu ini terbilang cukup unik dan menarik yaitu bentuknya yang menyerupai tenda. Konsep unik, tidak biasa dan baru dapat dimanfaatkan untuk membuat rumah terlihat beda dan memiliki ciri khas tersendiri dari rumah lainnya.

Pada umumnya, atap dengan bentuk tenda diguganakan pada bangunan di tempat wisata, namun atap tenda juga akan menjadi solusi unik yang menarik jika digunakan pada sebuah rumah.

Jika ingin menerapkan atap dengan bentuk tenda seperti ini, anda dapat menerapkannya di bangunan dengan ukuran yang tidak terlalu besar seperti gazebo taman atau area parkir mobil.

17. Atap Rumah dengan Model Bergaya Klasik

Image Source: campusunmdp.com

Rumah dengan gaya klasik biasanya memperhatikan kesan simetris dan menggunakan proporsi simetris ini, Rumah dengan gaya desain klasik juga biasanya memiliki bentuk atap yang khas dan dapat berupa bentuk pelana, segitiga atau kombinasi keduanya.

Penggunaan bentuk segitiga pada atap rumah bergaya klasik digunakan pada bagian area utama rumah saja, sisanya dapat menggunakan bentuk pelana memanjang atau perisai. Tertarik dengan model atap rumah seperti ini?

18. Atap Rumah dengan Model Joglo

Image Source: perpustakaan.id

Atap rumah dengan model joglo ini dapat digunakan pada bangunan rumah yang memang pemiliknya menginginkan nilai adat tradisional pada bangunannya. Rumah joglo memiliki bentuk atap yang memiliki ciri khas yaitu seperti perisai yang bertumpuk.

Bentuk atap rumah bermodel joglo sebenarnya memiliki bentuk yang bermacam-macam, namun tetap memiliki kesan yang sama yaitu kemegahan dan kemewahan yang sederhana. Kelebihan dari atap model ini adalah ruangan dalam rumah menjadi lebih sejuk karena atapnya sangat lebar.

19. Atap Rumah dengan Model Pelana yang Modern

Image Source: didekor.com

Penggunaan atap rumah model pelana tidak hanya berbentuk sederhana namun juga dapat dimodifikasi secara modern sehingga tampilan rumah terlihat mengikuti tren dari perkembangan zaman.

Modifikasi pelana di era modern dapat dilakukan seperti pada contoh di atas. Tertarik dengan model atap rumah seperti ini?

20. Atap Rumah dengan Model Banyak Sisi

Image Source: motoneigistes.club

Atap dengan desain unik lainnya adalah atap rumah yang memiliki banyak sisi, atap rumah model ini dapat berupa segilima, segienam atau lainnya. Penggunaan atap model ini memberikan kesan megah, unik dan menarik pada tampilan rumah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.