20+ Inspirasi Taman Belakang Untuk Rumah Anda!

Taman merupakan suatu wilayah yang ditanami dan dihias dengan berbagai macam tumbuhan. Bisaanya taman memiliki dekorasi yang indah, karena memiliki konsep yang memadukan komponen-komponen alami seperti bunga, batu alam, pepohonan, kolam dan lain-lain.

Selain dapat memperindah tampilan belakang rumah, taman belakang tersebut bisa menjadi spot untuk relaksasi santai anda dan keluarga ketika memiliki waktu luang lebih untuk beristirahat di rumah. Selain itu, juga dapat memberikan suasana yang segar dan ramah lingkungan.

Untuk membuat taman di belakang rumah, bisaanya memanfaatkan lahan kosong yang tersisa maupun yang sudah ada. Kemudian anda perlu memikirkan beberapa hal seperti kondisi lahan, serta tema konsep dari rumah itu sendiri.

Tentu anda bisa mencari beberapa referensi untuk membantu anda menentukan desain taman yang anda inginkan, tentu dapat disesuaikan dengan budget yang anda miliki.


Taman Belakang Rumah


Maka dari itu berikut beberapa referensi taman belakang yang dapat membantu anda.

1. Taman Belakang dengan Tatanan Batu sebagai Pijakan

Image Source: fimell.com

Bila anda menyukai kegiatan berjalan kaki tanpa menggunakan alas, anda dapat menata taman dengan bebatuan sebagai jalan untuk anda berpijak agar terlihat luas.

Tambahkan juga tanaman hias yang memiliki bentuk lebar dan warna cerah sebagai pemanis seperti ini, serta beberapa pohon yang memiliki sedikit daun akan menjadikan taman anda terlihat indah dengan kesederhanaannya.

2. Taman dengan Air Terjun Kecil

Image Source: minimalisxrumah.com

Apabila anda ingin taman anda terlihat segar dan alami, anda dapat menambahkan air terjun kecil sebagai elemen utama taman anda.

Di tambah dengan hiasan bebatuan yang tersusun dari yang kecil hingga besar, serta dikelilingi rumput dan pohom-pohon hias kecil akan membuat tampilan halaman belakang anda terlihat lebih natural.

3. Taman Kering Belakang Rumah

Image Source: homedsgn.com

Model taman ini mengutamakan unsur hardscape seperti penggunaan pot semen, kerikil, dinding batu yang bertekstur, serta menggunakan tanaman yang tidak memerlukan banyak air seperti bambu, kaktus, lidah buaya dan eforbia. Sehingga tidak terlalu sulit dalam merawatnya namun tetap terlihat cantik.

Sebagai pembatas antara taman dan rumah, anda dapat menggunakan pintu kaca sehingga tetap bisa menikmati keindahan taman dari dalam rumah anda.

4. Taman Basah Belakang Rumah

Image Source: pinterest.com

Dengan model taman basah anda bisa menanam beragam jenis tumbuhan beraneka warna serta pepohonan hijau. Anda dapat menggunakan rumput di seluruh permukaan dan dan meletakkan kursi kayu panjang dibawah pohon.

Umumnya taman basah memang sering digunakan sebagai pilihan agar tercipta suasana yang rindang dan nyaman untuk bersantai. Anda juga bisa menyiram tanaman-tanaman anda tanpa perlu takut lantai akan kotor, karena lantainya adalah rumput yang meresap air dengan cukup baik.

5. Taman Belakang dengan Bangku dan Meja

Image Source: carolannedavis.co.uk

Taman dengan bangku kayu dan meja bulat kecil yang dikelilingi bunga dan tumbuhan berwarna-warni, adalah dekorasi taman yang sangat cocok untuk anda yang sederhana dan senang menghabiskan waktu di luar ruang.

Ditambah dengan sentuhan payung taman sebagai tempat berteduh, akan sangat memanjakan mata dan cocok untuk taman belakang anda.

6. Taman Belakang dengan Gazebo

Image Source: youtube.com

Taman belakang akan terasa nyaman apabila dilengkapi dengan gazebo dari kayu yang beratap jerami. Di kelilingi oleh berbagai macam tanaman hias berdaun lebar yang langsung ditanam di tanah, serta dilengkapi kolam berisi teratai seperti ini. Akan memberikan suasana natural dan kenyamanan diwaktu santai anda.

7. Taman dengan Kolam Ikan

Image Source: insinyurbangunan.com

Taman belakang rumah anda akan lebih terlihat hidup bila ditambah dengan kolam ikan sebagai pelengkapnya. Di sekitar kolam anda bisa menanam pohon hias besar seperti palem, gelombang cinta, kelapa genjah entoh dan lainnya sebagai pelengkap.

Tanaman ini juga akan mempercantik taman anda secara keseluruhan. Kemudian anda bisa menambahkan jembatan kayu di ujung kolam untuk anda duduk santai sambil memberi makan ikan dan bersantai.

8. Taman Vertikal

Image Source: msn.com

Sesuai dengan namanya, tanaman yang ada akan disusun secara vertikal pada tembok sehingga tidak memerlukan lahan yang terlalu besar. Perawatannya pun juga sangat mudah. Anda bisa melengkapi taman seperti ini dengan menambahkan kursi dan meja dari kayu, sehingga akan lebih berkesan nyaman dan menambah keindahan alaminya.

9. Taman dengan Kolam Renang

Image Source: pinterest.com

Memiliki taman belakang dengan kolam renang, akan memberikan suasana yang nyaman sambil anda menghabiskan waktu santai anda.

Anda dapat menanam pohon tropis disekitar kolam anda sebagai pemanis, kemudian memberikan pemisah kaca untuk taman yang anda tanami rumput dan pohon hias lain. Secara keseluruhan, taman anda terlihat tertata rapih dan nyaman.

10. Taman Sederhana yang Nyaman

Image Source: rumah.com

Dengan lahan sisa, anda bisa menyulapnya menjadi taman yang sederhana dan nyaman. Cukup tambahkan bangku-bangku unik dari kayu serta meja kecil dari kayu untuk tempat duduk, dan anda bisa menambahkan kain dengan warna netral sebagai tembat tidur gantung.

Tanam beberapa semak yang berbunga cerah ataupun nertal, akan menambah kesan sederhana yang alami namun nyaman untuk taman kecil anda.

11. Taman Alami Berelevasi dengan Batu

Image Source: all-designstroy.ru

Anda dapat menata taman dengan memisahkan material batu dan tumbuhannya. Dengan mengelompokkannya seperti ini, taman anda akan terlihat lebih rapih tertata. Di atas dekat rumah, gunakan rerumputan hijau serta hiasan tanaman berpot.

Di bawah barulah anda dapat menghias dengan bebatuan, anda dapat menggunakan berbagai jenis batu sesuai selera anda. Anda dapat menggantung pot dengan tali atau kawat di sepanjang pagar pembatas sebagai pemanis agar terlihat lebih cantik.

12. Taman Pojok dengan Pot Tanaman Hias

Image Source: trendecors.com

Bila ruangan pojok rumah yang tersisa tidak terlalu besar, anda dapat memanfaatkan penggunaan pot gantung dan tanaman merambat hijau yang banyak serta bunga berwarna cantik.

Tambahkan gazebo sederhana tak beratap dari kayu, dan letakkan meja serta kursi dengan warna netral cerah sebagai center dan pemanis taman.

13. Taman Bergaya Zen

Image Source: belirumahdicibubur.blogspot.com

Taman Zen merupakan salah satu ciri khas dari rumah tradisional Jepang. Taman ini menjadikan bebatuan sebagai elemen yang paling dominan.

Umumnya batu berwarna abu-abu dan putih yang sering digunakan, serta berukuran kecil yang disusun sedemikian rupa, lalu batu besar sebagai kotrasnya.

Di sekitar bebatuan, dilahkan penuhi dengan tumbuhan hijau yang berbunga indah.

14. Taman dengan Dinding Batu Alam

Image Source: majalaharsitekturlansekap.com

Taman dengan dinding batu alam sebagai center seperti ini, akan memberikan kesan nyaman dan keindahan tersendiri.

Kelilingi dinding batu tersebut dengan tumbuhan hijau, maka akan terlihat sangat cantik dan modern. Anda dapat menambahkan beberapa tanaman gantung seperti bunga anggek sebagai pemanis tembok tersebut.

15. Taman dengan Eksterior

Image Source: APKPure.com

Membangun taman dengan eksterior yang minimalis dan menarik, anda memerlukan beberapa elemen seperti tanaman, pot, ubin, kursi dan penerangan yang sesuai.

Anda dapat menggunakan pot berbentuk unik untuk tanaman atau langsung menanamnya di tanah. Untuk ubin anda dapat menggunakan bahan apa saja yang terlihat menarik, kemudian tambahkan juga penerangan sehingga taman anda tetap terlihat cantik meski dimalam hari.

16. Taman Kecil dengan Rak

Image Source: onekindesign.com

Bila anda ingin mempunyai taman namun lahan sangat terbatas, anda dapat menggunakan rak vertikal yang dibuat seperti pada gambar.

Anda dapat memanfaatkan pengggunaan pot berbagai macam ukuran yang diisi dengan tanaman hias daun yang lebat atau menggunakan tanaman merambat sebagai alternatif.

Poinnya adalah mempercantik suasana dilahan yang terbatas, penyusunannya pun disesuaikan dengan selera anda.

17. Taman Besar di Belakang Rumah

Image Source: rumahpedia.info

Untuk anda yang memiliki lahan besar dan dana yang cukup banyak, tentunya dapat memasukkan berbagai macam elemem untuk taman belakang rumah anda.

Seperti kolam ikan ukuran sedang dengan gazebo kayu berkursi, bisa ditambahkan jembatan yang melintasi kolam. Di sekitarnya anda bisa menambahkan tanaman seperti semak berbunga, pohon kelapa atau palem, dan jalan setapak menggunakan batu alam agar terkesan alami dan nyaman.

18. Taman dengan Dinner Set Luar Ruang yang Teduh

Image Source: pinterest.com

Ide taman ini cocok untuk anda yang suka mengadakan acara bersama keluarga. Menempatkan meja panjang serta bangku-bangku serta peralatan makan, diatasnya dihiasi lampu yang dilengkapi dengan tanaman merambat berbunga indah akan mempercantik tampilan taman anda.

Di sekitarnya anda bisa menanam pohon yang cukup besar sehingga suasana yang tercipta terkesan rindang, sejuk dan nyaman.

19. Taman Rumah Kaca

Image Source: alibaba.com

Bagi anda yang memiliki hobi bercocok tanam, akan cocok memiliki taman dengan rumah kaca di belakang rumah anda. Selain memperindah tampilah tumbuhan-tumbuhan yang ditanam.

Rumah kaca juga dapat melindungi tanaman kesukaan anda dari polusi atau hewan-hewan yang dapat merusak tanaman, di sekitar rumah kaca anda dapat menanam pepohonan besar dan rindang serta semak yang cantik agar tetap nyaman untuk dipandang.

20. Taman Bersusun

Image Source: beeleaf.co

Taman seperti ini bisa menjadikan halaman belakang anda terlihat unik dan cantik. Anda dapat menanam berbagai jenis tanaman yang berbeda warna dan tipe.

Anda dapat menggunakan bunga yang berwarna-warni dan cerah, kemudian menggunakan batu-batuan seperti bata merah atau kerikil agar memberi kesan alami yang cantik.

21. Taman Belakang Mewah

Image Source: bellisimababybags.com

Bila anda suka dengan cuaca malam hari sambil ditemani suasana yang nyaman, desain taman seperti ini dapat digunakan. Dengan membagi wilayah basah dan kering, anda tetap mendapatkan suasana natural dari hijau rumput dan tanaman hias yang ditanam.

Di wilayah konblok anda dapat menambahkan tungku bakar serta dudukan bergaya klasik dengan aksen batu alam, serta beberapa bangku dan meja taman dengan tema senada.

Sehingga taman belakang anda tetap terlihat mewah dan elegan namun juga alami, tambahkan penerangan di titik yang sesuai sehingga lebih nyaman menikmati waktu anda ditaman pada malam hari.

22. Taman Labirin yang Indah

Image Source: bbfan.pl

Tema labirin sederhana seperti ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang memiliki lahan lebih untuk taman belakang. Anda bisa menyusun semak dan tumbuhan secara berkelompok sehingga membentuk suatu celah yang secara sekilas akan terlihat seperti jalanan.

Secara keseluruhan bentuk-bentuk tersebut bisa menyerupai labirin yang memungkinkan anda untuk melewatinya. Bentuk yang digunakan bisa bentuk 4 hati yang tersusun seperti ini, atau bentuk lain sesuai dengan selera anda. Secara keseluruhan taman anda akan terlihat indah untuk dilalui.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.