7 Meja Makan Kayu Minimalis yang Bakal Menambah Nafsu Makanmu

Meja makan merupakan sebuah mebel atau perabotan yang memiliki permukaan datar dan kaki penyangga. Salah satu bahan paling banyak digunakan untuk membuat meja makan adalah kayu.

Biasanya Meja makan yang terbuat dari bahan kayu ini lebih awet sehingga anda tidak perlu repot akan rusaknya meja tersebut karena dimakan oleh waktu. Meja makan ini nantinya menjadi titik fokus dari rumah anda.

Oleh karenanya anda harus pintar memilih bahan kayu yang dapat menjadikan meja makan menjadi daya tarik utama.

Meja makan yang terbuat dari kayu ini harus kuat, dirancang dengan baik, dan dapat menampung banyak orang serta makanan untuk acara makan bersama keluarga.

Namun Memilih kayu terbaik untuk meja mungkin merepotkan karena banyaknya model dan bahan kayu yang ada di pasaran.


Meja Makan Kayu


Image Source: pinterest.com

Kamu bisa menghindari kerepotan ini dengan menentukan meja apa yang kamu inginkan. Kamu harus benar-benar mengetahui jenis kayu apa yang tepat untuk meja makan, meja kerja, meja tamu, atau meja lainnya.

Pilihan jenis kayu juga dapat kamu pertimbangkan untuk dibuat meja—jika kamu mencari sesuatu yang kokoh—adalah kayu-kayu pohon besar sisa pertanian atau pembukaan lahan.  

Kelebihannya terletak pada bentuk, goresan, dan kesan alami yang menonjol. Biasanya, karakteristik ini sudah terbentuk dengan sendirinya.

Jika kamu ingin mendapatkan tampilan kayu keras dari jenis kayu lainnya, kamu dapat melakukan proses pewarnaan yang dapat memberikan tampilan keras pada kayu.

Baca Juga : Desain Lemari Dapur

 #1 Meja Makan Jati

Image Source: setforide.com

Siapa di antara Anda yang tak mengenal jenis kayu yang satu ini? Iya, jati merupakan jenis kayu yang duduk di peringkat pertama kayu dengan kualitas terbaik.

Selain karakter kayunya yang keras dan awet, kayu jati juga memiliki pola serat dan tekstur yang indah, sehingga menampilkan kesan elegan dan mewah pada setiap mebel atau furnitur yang dibuat dari kayu yang mudah diproses ini.

Kelebihan kayu jati yang lain adalah kandungan minyak dalam kayu jati yang membuatnya tahan terhadap jamur, rayap, dan serangga-serangga jenis lainnya.

Meskipun harganya mahal, hingga saat ini kayu jati masih menjadi primadona di mata para pemburu furnitur, baik dari dalam maupun luar negeri.

Kayu Jati merupakan jenis kayu premium yang berasal dari hutan tropis di asia tenggara sehingga tak ayal jenis kayu ini banyak kita temui dalam berbagai macam bentuk mebel yang salah satunya adalah meja makan.

Galih kayunya yang tahan air membuat kayu ini selalu terlihat tampak bersinar dan tahan dalam waktu yang lama.

Sifat dari kayu jati yang anti bakteri cocok untuk dijadikan pilihan bagi anda yang khawatir kehigienisan dari meja makan anda nantinya.

#2 Meja Makan Merbau

Image Source: kayu-jati.com

Salah satu jenis kayu yang populer dan juga banyak ditemukan di daerah tropis adalah kayu merbau. Kayu merbau tergolong kayu dengan kualitas yang bagus dan juga memiliki serat yang indah.

Hal inilah yang menjadikan kayu merbau sebagai salah satu komoditi yang diminati. Selain jati, kayu merbau adalah kayu yang paling banyak dikenal sebagai kayu berkualitas.

Material ini berasal dari pohon merbau yang bisa tumbuh hingga tingginya mencapai 50 meter dengan batang bebas 20 meter.

Bagi anda yang kurang berminat dengan Meja makan berbahan dasar Kayu jati, kayu Merbau bisa jadi alternatif yang bagus mengingat Tingkat kekerasan yang dimiliki kayu Merbau membuatnya banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuat furniture minimalis. Untuk urusan harga hanya terpaut sedikit dari kayu jati.

#3 Meja Makan Oak

Image Source: binusbinary.club

Ek atau oak memiliki sifat kayu keras, kuat, dan  tekstur serta pori yang besar. Tampilan serat dan porinya yang besar tersebut tergolong unik dan dengan pengecatan yang tepat estetikanya bisa sangat menawan dibanding kayu lainnya.

Kayu ini sangat cocok untuk dijadikan bahan dasar untuk meja makan anda. Namun anda harus berpikir dua kali untuk membeli meja makan berbahan dasar kayu ini.

Di Indonesia jenis kayu ini hampir tidak pernah dibudidayakan sehingga harganya yang lumayan mahal.

Kayu ini juga tergolong rentan diserang hama jadi bagi anda yang ingin memiliki Meja kayu berbahan dasar oak. Harus pintar-pintar memilah dan mimilih yaa.

#4 Meja Makan Mahoni

Image Source: indesigninfo.ru

Mungkin sebagian orang tidak tahu bahwa Kayu Mahoni dalam wujud utuh atau gelondongan harganya lebih murah jika dibanding kayu jati.

Namun anda harus tahu lho kalau sudah diolah menjadi furniture, produk furniture harga kayu mahoni lebih mahal dibanding kayu jati.

Namun kurangnya daya tahan terhadap rayap harus diwaspadai. Oleh karenanya mungkin Meja makan berbahan dasar kayu mahoni menjadi opsi selanjutnya dalam list Meja makan anda.

#5 Meja Makan Sonokeling

Image Source: sindonews.net

Keawetannya setara dengan kayu jati. Warnanya gelap dengan tekstur serat yang unik. Inilah yang menjadi daya tarik si kayu sonokeling.

Kayu Sonokeling merupakan jenis kayu yang sangat awet dan tahan terhadap rayap ditambah sonokeling juga tahan air sehingga awet dan tidak mudah berjamur.

Hal ini menjadikannya pilihan sempurna untuk Anda yang mementingkan keindahan kayu namun memiliki bujet terbatas.

#6 Meja Makan Palet

Image Source: pinterest.com

Bagi anda para eksportir maupun importir ataupun bekerja dalam bidang logistik dsb, mungkin anda tahu kayu yang satu ini.

Kayu Palet adalah kemasan kayu yang terbuat dari beberapa macam bahan baku, baik berupa kayu murni /kayu keras, triplex atau multiplex dan bahan MDF ( melamine).

Meskipun Transaksi ekspor dan impor yang berlanjut membuat keberadaan palet kayu melimpah. Bagaimanapun kayu palet adalah kayu daur ulang sedikit banyak di beberapa tempat terdapat bekas benturan atau paku.

Sehingga, Anda harus meneliti dengan baik setiap sudut furnitur agar anda tidak menyesal setelah membelinya.

Oleh karenanya bagi anda yang ingin memiliki meja makan dengan kualitas terbaik dari kayu mungkin Meja makan palet ini menjadi opsi selanjutnya.

Baca Juga: Desain Kamar Mandi

#7 Meja Makan Akasia

Image Source: rumahpedia.info

Kayu akasia merupakan hasil dari pohon kaasia yang banyak ditemukan dipinggir jalan sebagai peneduh. Namun jangan salah sangka kayu ini cukup laris dijadikan sebagai bahan bagi para pengarajin mebel.

Karakter akasia yang secara tampilan mirip dengan kayu jati serta teksturnya yang sangat kuat membuat kayu ini masuk daftar sebagai salah satu kayu yang banyak diburu.

Akan tetapi anda harus berpikir dua kali untuk menjadikan kayu ini sebagai bahan pembuatan meja makan anda di rumah.

Sebab kayu ini memiliki kekurangan yakni tidak bisa bersentuhan langsung dengan air, tanah, atau suhu udara yang lembap sehingga mudah terkena jamur.

Terlepas dari apapun pilihan meja makan anda, pastinya sebelum membeli Meja makan yang anda inginkan anda harus memilah dan memilih kualitas dari meja makan tersebut.

Karena Meja makan yang memiliki kualitas kayu yang bagus mempunyai harga yang relatif lebih mahal. Dan ingat Meja Makan ini hanya sebagai media atau tempat dimana anda menyantap makanan bersama keluarga. Namun nafsu makan harus ditambah agar badan anda sehat selalu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.